IGTV
Fitur baru dari Instagram, Apakah Itu?
Bagi anda pengguna media
sosial Instagram, ada kabar terbaru dari aplikasi yang banyak digunakan untuk
mengunggah berbagai foto dan video, karena baru saja mereka memperkenalkan
fitur terbarunya, yaitu Instagram TV atau IGTV. Lewat fitur terbarunya ini,
bagi pengguna untuk berbagi video di Instagram yang tadinya hanya maksimal
sepanjang satu menit, sekarang dengan adanya fitur IGTV menjadi bisa lebih
lama, yaitu dengan durasi hingga 10 menit.
Namun
bukan hanya akan hadir dalam sebuah fitur di aplikasi Instagram, IGTV juga
telah hadir dalam aplikasi tersendiri yang bernama IGTV, aplikasi ini dapat
anda unduh di iOS maupun Android. Seperti yang dikutip dari laman The
Verge, pada Kamis (21/6/2018), konten yang disajikan dalam aplikasi IGTV ini
berformat vertikal.
Ilustrasi IGTV. (Sumber: TechCrunch)
Begitu
pengguna masuk ke dalam aplikasi tersebut, pengguna dapat memilih dan juga
menyaksikan berbagai video yang diunggah dari pembuat konten favorit mereka
yang sudah tayang di IGTV.
CEO Instagram Kevin
Systrom mengungkapkan, aplikasi IGTV dirancang guna memudahkan penggunanya
untuk menemukan dan juga menonton berbagai video melalui perangkat smartphone mereka.
"Sebagian
besar aplikasi video mengharuskan penggunanya mencari atau menelusuri
direktori, tidak seperti pesawat televisi yang memungkinkan penggunanya
menyalakan dan menontonnya. Nah, di aplikasi IGTV, pengguna hanya perlu memutar
video begitu mereka membukanya," ucap Systrom.
Systrom
juga mengatakan, hal ini memungkinkan pula bagi IGTV menjadi tempat baru di
Instagram untuk memasang iklan dan mempromosikan sesuatu.
Bukan
hanya itu, aplikasi IGTV juga memungkinkan bagi para pembuat konten untuk
mengunggah video kreasi mereka mereka langsung ke Instagram. Menurut Systrom,
kehadiran dari aplikasi IGTV ini adalah untuk menyaingi YouTube.
Perlu
anda ketahui, walaupun saat ini durasi untuk berbagi konten di IGTV ini maksimal
adalah 10 menit, namun bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public
figure dapat mengunggah konten videonya sampai berjam-jam lamanya.
Systrom pun berharap, nantinya semua pengguna aplikasi IGTV ini akan dapat
merasakan berbagi video dengan durasi yang tak terbatas.
Untuk
sementara ini, IGTV tidak akan menayangkan iklan. Akan tetapi Systrom mengatakan
kalau penggunanya dapat memanfaatkan platform tersebut sebagai tempat yang pas
untuk mempromosikan sesuatu didalamnya.
Bakal Peringatkan Pengguna Jika Main Terlalu
Lama
Seperti diberitakan sebelumnya, Instagram sedang
menyiapkan fitur ‘anti kecanduan’ bagi penggunanya. Fitur baru tersebut siap
diuji coba dan akan segera meluncur dalam waktu dekat.
Sebagaimana
berita yang dikutip dari laman Mashable pada Rabu
(20/6/2018), fitur baru tersebut yang konon katanya akan diberi nama “Usage
Insights”, fitur ini nantinya akan memberikan durasi berapa lama penggunanya
memakai Instagram. Jika melewati batas waktu yang telah ditentukan maka penggunanya
akan diberikan notifikasi.
Menariknya,
melalui bocoran screenshot yang diungkap oleh salah satu tim
pengembang Instagram, telah memperlihatkan kalau pengguna aplikasi ini dapat
mengatur waktu normal untuk membuka Instagram.
Misalkan,
penggunanya dapat mengatur durasi pemakaian hanya satu jam. Jika telah lewat
dari durasi satu jam, maka Instagram langsung akan mengingatkan penggunanya.
Perlu
diketahui, fitur “Usage Insights” ini
merupakan salah satu bentuk tanggung jawab dari Instagram mengenai dampak penggunaan
internet terhadap kehidupan.
CEO
Instagram Kevin Systrom, merasa jika Instagram perlu membuat penggunanya untuk
rehat sejenak dari kegiatan online untuk sementara waktu. Oleh
karena itulah, kehadiran fitur baru dari Instagram ini diharapkan bisa menjadi
salah satu solusi dalam mengurangi penggunaan internet.
Systrom
memang tidak secara terperinci menyebutkan nama dari fitur baru tersebut. Namun
keberadaan dari fitur ini ditemukan oleh Jane Manchun Wong, di dalam kode
sumber aplikasi Instagram.
Temuan
dari Wong pertama kali dilaporkan oleh laman Tech Crunch, yang
kemudian dikonfirmasi oleh Systrom. Fitur baru itu bernama "Usage
Insights", yang akan memperlihatkan kepada penggunanya "time spent", yaitu durasi
waktu yang dihabiskan ketika memakai aplikasi Instagram.
"Kami
membuat tools yang akan membantu komunitas Instagram agar
lebih mengetahui tentang durasi waktu yang telah mereka habiskan di Instagram.
Kami memahami bagaimana dampak online mempengaruhi orang-orang
merupakan hal yang penting dan ini merupakan tanggung jawab bagi semua
perusahaan. Kami ingin menjadi bagian dari solusi dan saya mengambil tanggung
jawab itu dengan serius," terang Systrom melalui akun Twitter miliknya.
Instagram termasuk
salah satu media sosial yang rajin merilis berbagai fitur baru. Beberapa waktu
lalu, misalnya, Instagram telah merilis stiker polling baru yang
diberi nama "emoji slider".
Fitur
emoji slider ini merupakan cara baru bagi pengguna dalam
menggelar jajak pendapat di Stories. Para penggunanya dapat memberikan
peringkat pada jajak pendapat yang tengah digelar dengan menggunakan emoji.
Pengguna
dapat menanyakan ataupun mengetahui seberapa besar ketertarikan dari teman-temannya
di Instagram terhadap sesuatu melalui fitur tersebut.
Fitur
baru ini dinilai lebih interaktif dibandingkan stiker "poll"
di Stories, yang hanya menyediakan dua pilihan jawaban untuk jajak pendapat
yang digelar. Menurut pihak Instagram, stiker "emoji slider" ini
merupakan cara yang lebih menyenangkan untuk berinteraksi dengan teman-teman di
stories.
Stiker
"emoji slider" di Instagram ini telah tersedia untuk pengguna
perangkat Android dan iOS. Namun jika anda belum melihat stiker ini Stories,
maka anda harus mengunduh versi terbaru Instagram terlebih dahulu di Google
Play Store atau pada App Store.
Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/3565100/apa-itu-igtv-layanan-baru-instagram?source=search
0 Response to "IGTV Fitur baru dari Instagram, Apakah Itu?"
Post a Comment