Mengintip Perjalanan Perkembangan Power Bank Hingga Kini
Dalam sejarahnya di
tahun 2001, sebuah perangkat power bank pertama kali nya dirakit
oleh sekelompok mahasiswa dengan menggunakan baterai AA dan sirkuit kontrol.
Power bank hasil rakitan para mahasiswa itu kemudian dipamerkan di acara
CES 2001.
Ketika itu, baterai yang digunakan memiliki
ukuran yang besar namun kapasitas yang dihasilkan masih sangat kecil . Power
bank diciptakan mungkin karena teknologi pembuatan baterai yang belum matang. Pangsa
pasar yang efisien belum begitu terbentuk di negara China, walaupun banyak
perusahaan teknologi terkenal yang terlibat dalam pembuatan power bank.
Selanjutnya selama periode tahun 2004-2006, maka
dimulailah fase konsep pasar. Salah satu perusahaan yaitu Huaqi secara resmi merilis
power bank terbaru, yang diberi nama Engine Compartment. Dan ketika itu, industri
power bank terlihat mulai bangkit dari tidurnya kembali, sementara itu power
bank dengan merek seperti Aigo dan Anytone mulai muncul ke permukaan.
Selama kurang lebih satu tahun, teknologi yang sedang
berkembang ini pada akhirnya membuat rudiment pada perangkat power bank, yang
mempunyai sirkuit manajemen, IC, baterai applicable, dan berbagai teknologi-teknologi
lainnya yang saling terkait satu sama lain.
Ketika itu industri pembuatan power bank tersebut
memang benar-benar sedang meningkat pesat. Akan tetapi, pasar domestik belum begitu
menampakkan respons yang menggembirakan. Banyak perusahaan teknologi yang kemudian beralih ke perdagangan
luar negeri.
Pasar dari industri teknologi ini mulai mengalami perkembangan
pada periode tahun 2006-2007. Ditandai dengan semakin banyaknya perusahaan pembuatan
peralatan asli atau Original Equipment Manufacturer (OEM) terkenal yang
terlibat dalam bisnis tersebut, kemudian bersama-sama meluaskan pasar power
bank. Sehingga perlahan-lahan namun pasti, power bank mulai diakui oleh
masyarakat luas.
Pada tahun 2007, Apple sebagai perusahaan
teknologi asal Amerika kemudian meluncurkan mode iPhone dengan membenamkan fungsi mengagumkan dari
perangkatnya yang mencuri perhatian besar dari pasar ponsel global. Akan tetapi,
baterai pada perangkat iPhone tidak bisa dibuka dan diubah oleh penggunanya.
Selain dari itu, daya baterainya hanya mampu bekerja selama empat jam setelah diisi
ulang.
Karakter pada perangkat iPhone tersebut
kemudian menjadikan para pengguna dari iPhone sebagai target utama untuk
pemasaran power bank. Ketika itu, terdapat kurang lebih 50 merek yang beredar
di pasaran.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang
berkembang pesat, pasar power bank juga kemudian tumbuh dengan cepat pada tahun
2009-2012. Terdapat dipasaran lebih dari 500 merek power bank yang siap dalam memenuhi
kebutuhan ponsel penggunanya. Pada saat itu, HELOIDEO telah meraup keuntungan
USD40 juta dan kemudian meningkat 20% per tahunnya.
ELOIDEO berdedikasi dalam menginovasi sebuah
produknya seperti car battery charger atau pengisi daya baterai ponsel di
mobil, dan membuat power bank dengan kemampuan tinggi untuk meningkatkan daya
baterai ponsel.
Jika dilihat dari perkembangan power bank
hingga saat ini, bahwa peningkatan kemampuan power bank tergantung pada faktor dari
perangkat itu sendiri (terutama pada teknologi baterai) dan faktor pasar
(terutama pada pasar smartphone).
Hingga kini, power bank masih terus diminati
dan dibutuhkan oleh para pengguna perangkat smartphone. Pasar dari perangkat power
bank saat ini lebih kompetitif, berbagai merek telah menghadirkan power bank
dengan berbagai varian daya hingga desain yang lebih bervariasi.
Berbagai fitur dan model pada power bank
ditawarkan oleh pembuatnya. Mulai dari kapasitas baterai berkisar 500 mAh
sampai dengan di atas 20.000 mAh, jumlah dari port USB, adanya senter, WiFi, dan
penggunaan baterai lithium-ION dan baterai lithium-polymer, sampai dengan multiple
users, perangkat power bank telah memungkinkan
para penggunanya memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
0 Response to "Mengintip Perjalanan Perkembangan Power Bank Hingga Kini"
Post a Comment