Hati-Hati..Yang suka Ngemis “like”
dan “Share” Mulai di Berantas Facebook
Media sosial seperti Facebook telah
menjadi suatu media yang digunakan oleh masyarakat dunia untuk berbagi berbagai
momen kepada pengguna lainnya. Unggahan yang dibagikan melalui media sosial ini
baik berupa tulisan, foto maupun video, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.
Berbagai unggahan di media
sosial Facebook yang seakan memaksa para
penggunanya untuk melakukan berbagai tindakan-tindakan seperti menyatakan like
(menyukai), share (membagikan), maupun tag (menyebut teman), atau
dengan comment (mengomentari),
bisa dikatakan sebagai suatu spam atau yang lebih spesifik diistilahkan sebagai
engagement
bait.
Sebagai contohnya seperti adanya
kuis atau suatu foto yang diberi label tag
a friend who likes to nap! (sebut teman anda yang suka tidur). Unggahan
seperti itu sering kali muncul di postingan teratas alias Top Post, bahkan bisa
mengalahkan unggahan orang-orang yang melakukan aktivitas penggalangan dana,
meminta rekomendasi suatu perjalanan, atau yang lebih sederhana meminta
bantuan.
Pihak Facebook pada akhirnya
berinisiasi mereduksi berbagai unggahan-unggahan yang bersifat engagement
bait dari dalam jejaring sosialnya mulai minggu ini. Layanan jejaring
sosial yang dirancang oleh Mark Zuckerberg itu memanfaatkan kecanggihan Machine
Learning (ML) untuk mendeteksi berbagai unggahan-unggahan tersebut.
Jika suatu akun atau Page telah
berulang kali mengunggah hal-hal yang bersifat engagement bait, Facebook
akan segera memblokirnya selama kurun waktu beberapa minggu. Namun hukuman yang
diberikan itu masih bersifat sementara, tujuannya untuk mengedukasi juga sekaligus untuk memberi ruang adaptasi
bagi para penggunanya.
“Untuk ke depannya, kami akan terus mencari
cara untuk meningkatkan layanan kami dan memberantas berbagai engagement bait,” ungkap
perwakilan dari Facebook, sebagaimana yang dikutip dari TheVerge.
“Kami ingin mereduksi berbagai
konten-konten yang bersifat spam, sensasional, ataupun palsu, dalam
rangka mempromosikan berbagai konten yang lebih bermakna dan otentik di
Facebook,” tambahnya.
Secara bertahap, Facebook juga menjanjikan
akun-akun yang menyebarkan berbagai konten engagement bait lambat laun
akan hilang dari peredaran, terlebih lagi dari jajaran Top Post. Facebook juga
secara rutin mengkaji algoritmanya agar tak bersahabat dengan berbagai konten
yang click bait, video spam, atau pun unggahan-unggahan sampah
lainnya.
0 Response to "Hati-Hati..Yang suka Ngemis “like” dan “Share” Mulai di Berantas Facebook"
Post a Comment